Tuesday 16 April 2013

Sinopsis SCHOOL 2013 Episode 16 (FINAL) Part 3

Jung Hoo

Cs tidur di rumah Nam Soon malam ini. Mereka mencoba melenyapkan semua pikiran dan kejadian di hari ini. Walaupun ke empat temannya sudah terlelap, Jung Hoo ternyata belum. Dia tiba-tiba membuka matanya yang sedari tadi terpejam. Mungkin pikiran dan perasaannya sedang berkecamuk saat ini.



Keesokan paginya..
Se Chan baru datang dan tentu segera masuk ke ruang guru. Disana Se Chan mengambil surat pengunduran dirinya yang ia taruh di laci meja. Se Chan menaruh surat itu di meja guru Uhm.



Di kelas 2-2, Nam Soon dan keempat temannya yang bermalam memasuki kelas. Wajah Jung Hoo masih terlihat babak belur. Salah satu kelompok Ki Deok mulai bergosip melihat Jung Hoo datang bersama-sama dengan Heung Soo dan Nam Soon. Apa mereka sekarang berteman? Ki Deok malah berkata tentang keadaan Jung Hoo yang terluka.

Heung Soo hanya melirik saja dari bangkunya mendengar pembicaraan Ki Deok. Min Ki yag juga dengan ikut melihat seperti apa keadaan Jung Hoo sehingga Ki Deok berkata kalau Jung Hoo terluka parah.

Seorang siswi memberitahu Jung Hoo kalau guru menyuruh Jung Hoo datang ke kantor. (Kenapa aku deg-degan ya..apa Jung Hoo bakal dikeluariinn.. jangan dong..Kasihan dia..)




Nam Soon mendekati meja Ha Kyung. Nam Soon berkata ayo bicara. Setelah hanya berdua, Nam Soon mengembalikan uang Ha Kyung yang diberikannya saat Nam Soon kekurangan uang untuk mengembalikan denda keterlambatan. Nam Soon berkata kalau dia menggunakannya dengan baik.




Ha Kyung lalu bertanya apa tidak ada jalan keluar untuk Jung Hoo? Sepertinya Ha Kyung juga tidak ingin Jung Hoo dikeluarkan? Ibunya sampai detik ini tidak mau mengalah.
Nam Soon menjawab kalau Ha Kyung tidak perlu pergi. Ha Kyung bingung. Pergi kemana? Nam Soon menjelaskan “Jika korban tidak muncul, maka kasus ini tidak akan bisa dibuka.”

Ha Kyung mengeluh kenapa Nam Soon baru bilang sekarang? Nam Soon hanya tersenyum dan kemudian pergi.
Ha Kyung sendiri yang sudah ditinggal sendiri, ikut tersenyum malu. (Aiihh..swiitt..tapi kayaknya mereka ga mungkin punya hubungan lebih dari teman, kecuali drama ini diperpanjang jadi ke bangku kuliah..Hehe)



Jung Hoo yang baru keluar dari ruang guru, berpapasan dengan Se Chan dan mereka sama-sama menghentikan langkah. Se Chan menatap penuh arti pada luka-luka diwajah Jung Hoo. Dia seolah tidak bisa untuk tidak peduli.Jung Hoo hanya diam dan melanjutkan langkahnya, tapi tiba-tiba Se Chan berkata “Bodoh”
Jung Hoo pun berhenti mendengar kata-kata itu. Se Chan melanjutkan kalimatnya “Setidaknya kau harus lari.”
(kenapa jadi pengen nangis ya liat Jung Hoo..hidupnya..Poor..)

Se Chan bahkan bertanya apa Jung Hoo sudah makan? Jung Hoo diam dan terus melangkah.



Yi Kyung dan Ji Hoon sedang berdiskusi akan mencegat Ibu Song, dan akan meminta agar tidak melanjutkan kasus ini. Ji Hoon bertanya apa ini masuk akal? Apa ibu Ha Kyung akan mendengar mereka? Tapi belum sempat Yi Kytung menjawab, Ibu Ha Kyung sudah lewat, sehingga Yi Kyung dan Ji Hoon langsung menghampirinya.



Mereka bahkan berlaku sangat sopan dan hormat pada ibu Song. Ibu Song melihatnya dengan aneh. Ji Hoonlah yang pertama mengenalkan dirinya. Yi Kyung bahkan membungkuk terlalu dalam dan berkata kalau dia satu kelas dengan Ha Kyung. Ibu Song menanggapinya dengan manis, dan berkata kalau dia senang bertemu dengan mereka berdua. Ji Hoon kemudian dengan sedikit gugup berkata kalau mereka berdua adalah teman Jung Hoo.

Ibu Ha Kyung mulai berubah ekspresi. Yi Kyung langsung berkata kalau saat itu hanya kecelakaan saja. Itu tidak disengaja. Apa Ibu Ha kyung tidak bisa memaafkan Jung Hoo sekali saja.
Ji Hoon membungkuk lagi dan meminta agar Ibu Ha Kyung mau membantu mereka.
Tapi Ibu Ha Kyung tidak peduli, dan langsung meninggalkan mereka berdua.

Jung Hoo melihat kedua sahabatnya saat akan menuruni tangga. Dia mendengar Yi Kyung mengeluh kalau dia bahkan menundukkan kepalanya untuk meminta pada Ibu Ha Kyung.



Semua sudah berkumpul. Ada guru, kepala sekolah, dan orang dari komite. Orang dari komite berkata kalau Jung Hoo memang banyak melakukan pelanggaran jadi mungkin cara satu-satunya adalah dengan mengeluarkannya dari sekolah.
In Jae berkata kalau Jung Hoo sudah banyak berubah apa ga ada cara lain? Guru lain berkata bagaimana agar masalah ini dibuat sedikit longgar. Kepala sekolah bertanya apa guru itu tidak sadar dengan yang diucapkannya? Kalau mereka memberi kelonggaran, maka sekolah mereka akan dianggap tidak disiplin.

Seorang guru berkata sekolah mereka juga akan hancur karena mereka tidak bisa menolak siswa pindahan. Nan Hee ikut menambahkan kalau reputasi mereka juga akan memburuk karena semua siswa ingin dipindahkan dari Seungri.
Wakasek Soo Chul berkata maka Seungri akan benar-benar hancur.



Guru Uhm berkata kalau mereka bisa dikutuk karena mengusir siswa. Tapi kalau mereka memegang beberapa anak dan menyebabkan kualitas sekolah turun, maka mereka juga akan dikutuk karena kualitas menurun. Ini dilemma. Guru Jo berkata “Sistem seperti ini..diluar mereka berkata guru tidak mencoba sama sekali.”

Kwon Nam Hee juga bilang kalau memang sangat mudah melimpahkan semua kesalahan pada guru. Kepsek Jung Soo berkata kalau dia sebenarnya juga tidak ingin mengusir Oh Jung Hoo. Namun, ada kewenangan diatasnya yang membuatnya tidak mampu membantah. Dengan kata lain dia mendukung kalau Jung Hoo harus dikeluarkan atau diusir dari sekolah.



Jung Hoo mengikuti In Jae untuk masuk ke ruangan itu. In Jae terlihat ragu untuk membuka pintu yang memisahkan dia dengan para komite. Dia berbalik menghadap Jung Hoo dan berkata kalau dia benar-benar ingin Jung Hoo bisa menghadiri sekolah. Itulah kenapa Jung Hoo harus bisa melakukannya dengan baik hari ini. Jung Hoo tidak menjawab dan langsung masuk ke dalam.



Guru Uhm yang melihat Jung Hoo berkata kalau Jung Hoo sepertinya banyak mendapat luka. Dia juga berkata kalau Ha Kyung belum datang dan komite juga belum lengkap, jadi mereka bisa menunggu beberapa menit lagi.



Tiba-tiba Jung Hoo berkata “Maafkan aku”
Semua kaget dan menatap kearah Jung Hoo. Bahkan ibu Ha Kyung juga. Walau Jung Hoo mengatakannya dengan sedikit ksara tapi semua heran karena siswa seperti Jung Hoo tidak mungkin berkata seperti itu.



Ha Kyung mengajak Kang Joo untuk bolos sekolah. Mereka mencoba melompati pagar. Kang Joo berkata kalau Ibu Ha Kyung pasti gila kalau tahu hal ini. Ha Kyung menjawab apapun yang terjadi dia tetap harus melakukannya. Kang Joo berkata kalau Ha Kyung seeprtinya kuat untuk Jung Hoo. Ha Kyung menggeleng dan menjawab, tidak. Dia kuat untuk dirinya sendiri.
“Apa kau ingin anak itu dikeluarkan karena kau?”

Kang Joo menajwab tentu saja tidak. Lalu dia bertanya kemana mereka akan pergi?

Belum sempat menjawab sudah ada petugas dibelakang mereka. Petugas itu menegur Ha Kyung dan Kang Joo yang ada di luar sekolah pada jam-jam seperti ini. Song Ha Kyung langsung berkata pada Kang Joo untuk makan kue beras dulu, dan siapa yang datang paling belakang dialah yang membayar semua makanan. Ha Kyung tanpa peduli langsung berlari, sedang Kang Joo kaget dan tentu langsung menyusul. Sepatu Kang Joo tiba-tiba terlepas, membuat dia harus berbalik mengambil sepatunya, dan Ha Kyung yang melihat itu langsung tertawa terbahak-bahak. ^^



Jung Hoo masih mencoba bicara kalau dia akan berusaha melakukan yang terbaik mulai sekarang. Ibu Ha Kyung berkata apa seperti itu cara Jung Hoo meminta maaf. Kepsek Jung Soo berkata kalau Jung Hoo harus berkata dengan sopan. Seorang guru masuk dan berkata kalau Song Ha Kyung keluar dari skeolah. Melarikan diri tepatnya. Semua terkejut dan bertanya kenapa? In Jae langsung mengeluarkan ponselnya yang bordering dan membaca SMS yang diterimanya. “Tolong beritahu ibuku, aku bolos sekolah.”



In Jae pun memberitahu semua tentang SMS yang Ha Kyung kirimkan. Ibu Ha Kyung langsung panik dan menelpon anaknya. Tapi Ha Kyung tidak menjawab panggilan itu. In Jae dan guru Uhm sama-sama tersenyum senang, karena berarti kasus ini tidak akan bisa dibuka oleh komite.



Ibu Ha Kyung, In Jae dan Se Chan ada disatu ruangan. In Jae berkata kalau kasus ini ditunda selama dua minggu. In Jae kemudan bertanya apa Ibu Ha Kyung tidak bisa memikirkan hal ini dulu? Ibu Ha Kyung hanya tersenyum dan berkata kalau dia akan bertemu lagi dengan In Jae nanti, tanda bahwa dia tidak akan menutup kasus ini.
Saat akan meninggalkan ruangan itu. Se Chan berkata apa Ibu Ha Kyung harus bersikap seperti ini? Se Chan bertanya menurut Ibu Ha Kyung kenapa Ha Kyung memilih bolos sekolah? Bukankah Ibu Ha Kyung ingat kalau Ha Kyung juga pelaku dari terlukanya Kang Joo beberapa waktu yang lalu. “menggunakan kekuatan seoarang ibu, kau menutupi insiden Kang Joo, tapi memanfaatkannya juga untuk mengeluarkan Jung Hoo. Tidakkah kau pikir Ha Kyung akan terluka karena itu?”



Se Chan bertemu dengan In Jae di dekat tangga. In Jae bertanya apa Se Chan juga setuju untuk membantu Jung Hoo. In jae berkata kalau akhirnya kasus ini dibatalkan. “Ini melegakan kan?”

Se Chan menjawab kurasa begitu. In Jae berkata kalau Jung Hoo melakukan pelayanan masyarakat. Jadi tolong Se Chan yang memberitahukan berita bahagia ini. Se Chan pun menyetujuinya.



Se Chan berpapasan dengan Jung Hoo yang sedang melakukan pelayanan masyarakat. Se Chan pun langsung memberitahu Jung Hoo kalau kasus kekerasan sudah dibatalkan. Jung Hoo tentu saja kaget. Se Chan kemudian menanyakan apakah Jung Hoo tidak ingin keluar dari rumah? Kalau memang Jung Hoo ingin, Jung Hoo bilang saja padanya. Dia akan membantu.
Jung Hoo bertanya kemana dia bisa pergi jika dia mau? Se Chan menajwab, jika Jung Hoo mau, dia akan mengenalkan Jung Hoo pada semacam rumah penampungan. Ternyata Se Chan memang sedang mempelajari tentang syarat dan semua yang berkaitan dengan rumah penampungan, terlihat dari buku yang disembunyikan Se Chan dibalik punggungnya. Se Chan meminta Jung Hoo memikirkannya dulu, dan mengatakannya kalau sudah memutuskan hal ini. Se Chan akan menunggunya. Dia juga berpesan agar Jung Hoo untuk hari ini tetap tidur di rumah Nam Soon.

Jung Hoo tidak menjawab hanya terus melangkah sambil menarik tumpukan sampah yang sudah dibungkus rapi dengan karung. Dan Se Chan hanya memandangnya.



Jung Hoo menuruti kata-kata Se Chan untuk tidur dirumah Nam Soon malam ini.
Tapi dia tidak terpejam, pikirannya seolah menerawang. Memikirkan apa yang ditawarkan Se Chan padanya. Hatinya bimbang, apakah dia harus meninggalkan ayahnya sendiri.? Ibu dan saudara-saudaranya sudah meninggalkan ayahnya, apa dia juga harus seperti itu? Bagaimana jika ayahnya sakit dan tidak ada siapapun yang menolong.? (Baik lo sebenarnya Jung Hoo..aku yakin dia sebenarnya sosok penyayang. Hanya dia tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. )

Jung Hoo bangkit dari tidurnya. Terlihat Nam Soon dan Heung Soo sudah terlelap. Heung Soo masih menemani Nam Soon ya..Hehe
Jung Hoo bangkit berdiri, dan bersiap pergi dari rumah Nam Soon. Dia mungkin khawatir dengan ayahnya.



Tepat setelah Jung Hoo menutup pintu, mata Nam Soon dan Heung Soo langsung terbuka. Mereka bangkit dari tidur dan sama-sama saling menatap.



Jung Hoo berjalan sendiri,memikirkan semua.
Udara masih pagi..masih terasa segar, tapi pikirannya sudah kusut.



Jo Bong Soo mengembalikan surat pengunduran diri Se Chan. Se Chan tentu merasa heran dan bertanya kenapa dikembalikan? Bong Soo menjawab kalau direktur pendidikan memintanya untuk menanyakan secara jelas tentang pengunduran diri Se Chan ini. Se Chanhanya meminta maaf untuk semua ini. Bong Soo bertanya kenapa ingin berhenti? Se Chan menjawab masalah anak-anak terlalu banyak dan dia sudah tidak sanggup untuk itu.



Bong Soo berkata berat untuk mengurus mereka sampai akhir kan? ”Guru hanya orang yang merangkul anak-anak selama waktu yang mereka lalui..dan kemudian antara guru dan anak-anak..tercipta hubungan. Itu melegakan.”

Bong Soo melanjutkan kalimatnya “Di dunia yang dingin, anak-anak mengirimu sendirian, karena hubungan itu tidak akan pernah hancur.”

Bong Soo memanggil lembut nama Se Chan dan berkata “Dalam hidup..hanya karena kesalahan satu orang. Itu bukanlah masalah. Tidak apa-apa. Apalagi masalah dengan anak-anak. Itulah sebabnya, hilangkanlah beberapa beban”
Kalimat itu agar Se Chan melupakan masalah Yoo Jin, melenyapkan rasa bersalah pada Yoo Jin.

Se Chan hanya menunduk mendengar nasihat mantan gurunya itu. Dia kemudian berdiri, kemudian Bong Soo berkata untuk saat ini lebih baik Se Chan menyimpan surat ini di laci mejanya. Tapi Se Chan tidak menerima surat itu, dia hanya membungkuk hormat dan keluar dari ruangan. Bong Soo hanya diam sambil memegang surat Se Chan.



In Jae sedang mencoba menelpon seseorang,tapi ternayta nomor yang dihubungi In Jae tidak dapat terhubung. Se Chan masuk dan langsung duduk di kursinya. In Jae berkata pada Se Chan kalau Jung Hoo seharian ini tidak bisa dihubungi. Jung Hoo tidak boleh absen, karena waktu yang dia miliki dikelas tidak banyak. Lalu kemudian ponsel In Jae berdering, In Jae pun membaca pesan yang diterimanya lalu melihatkannya pada Se Chan. Pesan SMS dari Jung Hoo yang berisi kalau Jung Hoo ingin berhenti sekolah. Se Chan cuek saja melihat pesan teks itu. In Jae tentu kaget mendapati reaksi Se Chan yang tidak peduli.

In Jaepun langsung bersiap-siap akan pegi. Se Chan pun bertanya kemana In Jae akan pergi, In Jae menjawab dia akan mencari Jung Hoo. Se Chan bertanya memang kemana In Jae akan mencarinya? Berbahaya jika In Jae sndiri. Jo Bong Soo yang kebetulan masuk mendengar percakapan mereka.



In Jae menjawab kalau dia harus mencari kemanapun sampai Jung Hoo ditemukan.
In Jae langsung pergi, dan Bong Soo yang dari tadi diam berkata kalau pemecatan Jung Hoo biar dia saja yang mengurus. Bong Soo ingin agar Se Chan menyusul dan menemani In Jae.



Tempat yang pertama didatangi In Jae dan Se Chan adalah rumah Jung Hoo. Disana In Jae mencoba memanggiul-manggil Jung Hoo sambil menggedor-gedor pintu rumahnya. Tapi hasilnya pun nihil. Tidak ada jawaban disana. Lalu tiba-tiba datanglah Yi Kyung dan Ji Hoon dengan tergesa-gesa. Mereka langsung membungkuk saat mengetahui ada guru wali kelas mereka.
Yi Kyung berkata kalau Jung Hoo tidak ditemukan dimanapun. Ji Hoon juga berkata kalau dia sudah pergi ke semua tempat yang biasaya didatangi Jung Hoo, tapi dia tidak menemukan Jung Hoo disana. Bahkan Jung Hoo juga tidak bisa dihubungi.

In Jae berkata “Karena gurumu ada disini..kalian berdua bisa pulang. Aku akan segera menelpon kalau Jung Hoo sudah ditemukan.”

Yi Kyung dan Ji Hoon pun sama-sama pamit pulang.



Mereka berdua memutuskan menunggu di depan rumah Jung Hoo. Masih dengan pikiran masing-masing yang kacau, karena memikirkan keberadan Jung Hoo.



Yi Kyung masih tetap mencoba menghubungi Jung Hoo, namun nomor Jung Hoo tidak aktif. Dia tentu ditemani Ji Hoon. Mereka berkata kalau hal ini membuat mereka benar-benar frustasi. In Jae yang kebetulan lewat melihat mereka berdua.
Ji Hoon berkata setidaknya mereka harus tahu alamat rumah baru Jung Hoo, jadi tidak khawatir seperti ini. Mereka bisa menunggu di luar kalau Jung Hoo masih tidak mau bertemu. (Setiiaaaa banget…^^)

Yi Kyung berkata Jung Hoo bahkan meninggalkan cincin emas ibunya begitu saja. Apa dia tidak ingin membawa cincin itu bersamanya (Kebukti kalau Jung Hoo juga masih sayang ibunya..bagaimanapun yang dilakukan ibunya..)

In Jae mendengarnya tentu dengan perasaan sedih. Dia sebagai guru juga merasa kehilangan. Sangat kehilangan. Murid yang selalu dibelanya sampai akhir. Murid yang sangat nakal, tapi bisa menunjukkan kepeduliannya pada orang-orang di dekatnya.



Se Chan memutuskan kembali menunggu di depan rumah Jung Hoo. Dan akhirnya orang yang dia nantikan, kembali pulang. Jung Hoo tentu kaget mendapati Se Chan di depan rumahnya. Se Chan menatap Jung Hoo dengan pndangan khawatir namun sangat lega, karena Jung Hoo sehat dan baik-baik saja.

Jung Hoo langsung berbalik dan ingin pergi, tapi Se Chan langsung mengejar dan menarik lengannya. Se Chan bertanya kemana Jung Hoo akan pergi? Jung Hoo hanya diam. Se Chan kembali bertanya kenapa Jung Hoo tidak datang ke sekolah? Jung Hoo menjawab kalau dia harus menghasilkan uang.



Jung Hoo menatap Se Chan dan berkata “Ayahku sakit. Aku harus dapat 1000 dolar perbulan agar dia tetap hidup.” (Ya ampuunn Jung Hoo kamu berbakiti banget..aku tersentuh..)

Se chan menjawab pertama Jung Hoo tetap harus masuk sekolah, biar dia yang mencari jalan keluarnya. Jung Hoo bertanya memang apa yang bisa dia lakukan kalau dia tetap masuk sekolah? Dengan semua absen yang dia miliki, dia mungkin akan diusir.

Se Chan berkata “Itu bukan absen, kalau alasanmu membantu orang tua.”

Se Chan bahkan berjanji akan melakukan sesuatu untuk melidungi Jung Hoo dari dikeluarkan oleh sekolah. Jadi Jung Hoo ga perlu khawatir.

“bagaimanapun..aku tidak bisa pergi ke sekolah.”

Jung Hoo mulai melunak, dia berkata kalau berkerja paruh waktu sambil sekolah, ga akan ada gunanya untuk dia.
Se Chan bahkan berkata kalau masalah uang, dia akan membantu Jung Hoo. Dia berkata seperti itu, agar Jung Hoo tetap masuk sekolah. Jung Hoo bertanya sampai kapan Se Chan bisa terus membantunya? Anggap saja bulan ini Se Chan membantunya..lalu bulan depan bagaimana? Bulan depannya lagi? Atau mungkin tahun depan? Apa Se Chan akan terus membantunya? Jung Hoo berteriak apa Se Chan akan terus memberikan uang pada bajingan sepertinya?
”Bagaimanapun..aku tidak bisa membayar uang itu.”

Jung Hoo menjelaskan setelah luluspun dia belum tentu mendapat pekerjaan. Bagaimanapun toh dia juga tidak akan pernah bisa masuk perguruan tinggi. “Aku mengumpulkan uang sekarang atau nanti..itu sama saja.”

Jung Hoo melanjutkan kata-katanya “aku pikir semuanya berjalan baik..karena tidak apa-apa jika aku tidak bisa masuk ke militer atau jadi tentara..Aku tetap bisa mendapatkan uang.”

Se Chan sudah hampir menangis mendengar penuturan Jung Hoo.
“Jadi itu sebabnya guru..tolong pergi sekarang.”

Jung Hoo bilang kalau dia harus bayar tagihan listrik karena sudah jatuh tempo. Se Chan tidak mampu lagi memaksa, dia hanya berpesan kalau Jung Hoo bisa pergi setelah makan. (Aku sedih..sumpah..)
Jung Hoo diam dan akan melepaskan cekalan tangan JUung Hoo di lengannya dan berkata kalau dia sedang sibuk sekarang. Se Chan masih menahannya, tapi kemudian dia melepasnya perlahan.



Jung Hoo berbalik menuju pagar rumahnya, dan Se Chan berdiri di belakang memandangi Jung Hoo. Jung Hoo kemudian berbalik..dia sepertinya juga terlihat sedih.
“Jangan terlalu khawatir. Aku tidak akan hidup dengan buruk.” ucap Jung Hoo dengan nada sedikit bergetar menahan tangis pada Se Chan.



Se Chan menyusuri lorong kelas, dan berada di luar ruang kelas 2-2. Terdengar OST Don’t Think You’re Alone dari Kim Bo Kyung menemani langkah Se Chan.

“Jadi kau tidak akan lelah, Jadi kau tidak akan menyerah”



In jae melihat Se Chan dari dalam kelas. Dan masih dengan iringan lagu dari Kim Bo Kyung.

“Ketika kau mengalami sesuatu yang sulit, kuharap kau bisa mengatasinya.”




Se Chan pun memandang In Jae melalu jendela.

“Ketika itu terlalu keras. Ketika itu terlalu lelah. Aku akan mendukungmu dari belakang”

Anak-anak terlihat sedang serius mengerjakan ujian. Sepertinya ini ujian kenaikan kelas.Mereka masih saling menatap.



“Aku bilang,aku bisa membantumu setiap kali kau butuh.”

Se Chan melanjutkan langkahnya, hingga menghilang di belokan, dan Kim Bo Kyung masih dengan lagunya. (Ini OST nya emang bikin sedih lo..)

“Jangan berfikir kau sendirian. Jangan menangis karena sulit. Kau dan aku..kita tahu.”



Se Chan masuk ke ruang guru dan menuju mejanya.

“Ketika kau bersandar padaku, dank au bisa bertahan pada dunia..kau akan memberiku mimpi yang tidak akan memudar.”

Se Chan mengambil surat pengunduran dirinya dan memandang surat itu lama. Lalau dengan masih diiringi lagu Don’t Think You’re Alone milik Kim Bo Kyung, Se Chan dengan mantap, merobek surat itu. Membatalkan niatnya.

“Orang-orang seperti kita..ketika akan sulit..kita menderita bersama-sama.”



Hari kelulusan pun tiba. Anak-anak ke sekolah dengan semangat. Musimpun sudah semakin dingin. Mereka semua memakai jaket tebal untuk menghangatkan diri.



Terlihat In Jae sedang mengetik SMS untuk Jung Hoo. Walau sudah lama berlalu, dia masih memikirkan muridnya yang satu itu. Oh Jung Hoo.

“Jung Hoo..jika kau datang ke kelas hari ini, maka kau bisa naik ke kelas tiga. Datanglah sebelum akhir periode berlalu.”



Se Chan yang ada disamping In Jae tentu melihat apa yang In Jae lakukan. Se Chan berkata bahkan sampai menit terakhir In Jae masih tetap berusaha. Itu benar-benar mengesankan. Se Chan pun mengajak In Jae masuk kelas. Dan di perjalanan menuju kelas, In Jae bertanya apa tahun depan Se Chan masih ada di Seungri? Se Chan malah balik bertanya pada In Jae.

“Jika kau ada disini guru Kang,maka aku juga ada”



Se Chan dan In Jae berdiri di depan semua muridnya. Walau tidak lengkap tanpa Jung Hoo, mereka tetap tersenyum di depan para siswa. In Jae mengucapkan selamat karena mereka semua naik ke kelas tiga. Tentu saja semuanya senang.

In Jae berkata “Karena aku bersama-sama kalian selama setahun. Aku sangat senang.”

Se Chan gilirannya berbicara “Karena kalian sudah naik ke kelas tiga, belajar lebih keras. Sampai jumpa lagi.”

In Jae pun mempersilakan semuaya pulang.



Anak-anak pulang dengan senang. Tapi Ha Kyung masih mencoba menanyakan soal yang sulit pada Se Chan walaupun temannya sudah berebutan pulang.
Nam Soon dan Heung Soo sama-sama membungkuk pada Wali kelas mereka di kelas 2-2 tentu saja. Se Chan yang melihat mereka berkata kalau mereka sudah bekerja keras.



Nam Soon dan Heung Soo ternyata tidak langsung pulang, mereka pergi keatap sekolah.
Nam Soon bertanya bisakah Heung Soo percaya semua ini? Mereka naik ke kelas 3 bersama-sama? Heung Soo menjawab dia tahu itu. Tapi apa yang akan Nam Soon lakukan di masa depan?
Nam Soon menjawab kalau dia belum tahu. Tapi dia akan memikirkannya dari sekarang. Lalu bagaimana dengan Heung Soo?



Heung Soo menoleh menatap Nam Soon dan menjawab “Aku juga”
Merekapun sama-sama tersenyum. Nam Soon berbalik menatap sekolah dari atas. Heung Soo pun mengikutinya.




In Jae masih di kelas dan masih menatap layar ponselnya. Dia menunggu Jung Hoo. Sampai detik terakhirpun dia masih ingin semua siswanya naik bersama-sama, lengkap tanpa ada yang tertinggal. Tapi Jung Hoo tetap tidak kunjung datang.
Dia menatap bangku belakang yang biasanya ditempati oleh Jung Hoo.



Lalu masuklah Se Chan yang berpura-pura melihat jam tangannya dan berkata “Kelas belum berakhir kan?”

In Jae tersenyum mengangguk dan Se Chan juga balas tersenyum lebar. Mungkin mereka akan bersama-sama menunggu Jung Hoo sampai kelas benar-benar berakhir.



-------------------------The End------------------------------


KOMENTAR :

Selesai juga untuk drama ini.
Tidak ada jenis cinta lawan jenis disini. Benar-benar murni tentang Cinta pada guru, pada sahabat, pada sekolah, pada pelajaran. Bahkan Se Chan dan In Jae pun tidak terlibat dalam romantika cinta disini.

Nam Soon dan Ha kyung apalagi, sampai episode akhir pun mereka masih tetap “TEMAN” yang selalu tersipu saat berbicara berdua.

Tapi aku jelas suka dengan drama ini. Banyak hal yang bisa kita petik.(Emang buah?)
Banyak orang yang akhirnya sadar dengan semua sikap burunknya.
Walau aku masih berharap ada Jung Hoo, rasanya tidak lengkap jika dia tidak ada.
Hidup yang menyedihkan, tapi dia mencoba tegar menghadapainya.
Dialah yang masih mau merawat ayahnya walaupun menerima pukulan. Dia yang masih mau menemani ayahnya walau harus dengan tubuh penuh luka. Itulah Cinta yang tidak pernah bisa dia ucapkan pada orang tuanya. Walau semua meninggalkannya, dia tetap ada untuk ayahnya. Cinta yang luar biasa kan?
Walau dia nakalnya luar binasa, tapi dia memiliki hati yang berbeda dengan saudara dan ibunya yang pergi karena tidak betah disiksa.

Aku juga berharap orang seperti Eun Hye bisa sedikit sadar, dia kan cantik yak..Sayang kalau jahat-jahat gitu. Hehe.

Setiap episode menguras emosi dan air mata, apalagi setelah pertemuan Nam Soon dan Heung Soo, ditambah dengan terkuaknya kehidupan asli Jung Hoo.
Episode dimana terjadi pergolakan antara Min Ki dan ibunya. Juga membuat aku harus meler sambil nulis sinop ini. Hehe.
Oh ya, kakaknya Min Ki juga ga keluar-keluar ternyata.^^

Persahabat yang indah. Ingat dengan Na Ri dan Hae Seon, Kang Joo dan Ha Kyung. Nam Soon dan Heung Soo, serta Jung Hoo, Yi Kyung dan Ji Hoon. Semua memiliki keunikan tersendiri. Semua mengalami masalah-masalah rumit yang menghantam persahabatan mereka, tapi apa..mereka masih bisa membuka tangan lebar-lebar dan memaafkan setiap salah. Bersahabat kembali, dan saling menyayangi.

Mereka punya mimpi masing-masing. Mimpi-mimpi sederhana yang tulus hadir dari lubuk hati mereka. Yi Kyung dan Ji Hoon yang ingin punya restoran bareng dengan kedua sahabatnya. Mengelolanya bersama.

Ha Kyung dan Kang Joo yang berharap bisa masuk bersama-sama di universitas nanti. Na Ri, dan Hae Seon hanya ingin bisa terus bersama bahkan di kelas 3 nanti.
Sama seperti Nam Soon dan Heung Soo, yang cukup puas bisa bersama-sama Heung Soo di kelas tiga, setelah semua liku dan luka yang mereka lalui.

Aku suka dengan adanya ruang Hilang dan Temukan seperti di drama ini. Rasanya cukup membantu jika ternyata ada siswa yang khilaf, dan kemudian malu untuk langsung mengakuinya..

Aku ga bisa berkomentar banyak. Semoga kalian puas dengan synopsis yang aku buat. Mungkin aku termasuk yang terlama ya, dalam menuntaskan drama ini?
Hehe..
Maaf untuk itu..
Sedih karena drama ini berakhir, dan sedih juga karena aku harus kehilangan koment-koment dari kalian. Hikkss..:(


38 comments:

  1. sediiiiih. Ngga pengen drama ini berakhir gitu aja :((

    ReplyDelete
  2. waaaah, tamat juga akhirnya. pasti akan ada masa2 rindu bertemu in jae dan se chan juga murid2 yang berbeda karakter, biarpun melakukan keburukan pasti ada kebaikan d hati mereka.
    Thanx ya udah mau buat sinopsis film ini, udah serasa mengenang masa2 sekolah sekitar belasan thn lalu (ketauan tuanya deehh... hehe)

    ReplyDelete
  3. sinopsis ad genius lee tae baek kapan nii mba,, aku udah lama nunggu...

    aku suka banget ending nya school 2013,, mengharukan.. dan aku tetep tunggu ya kelanjutan ad genius lee tae baek.. kamsahamnida ^^

    ReplyDelete
  4. Wah... Akhirnya tamat jg, makasih sinopsisny... :)

    ReplyDelete
  5. Hwaaaa udah tamat ya? Cepet banget sepertinya :")
    dari drama ini bnyak bnget plajaran yg bisa kita ambil terutama persahabatan dan saling tolong menolong.

    Next project mau buat sinopsis apa lagi nih eon? Hehe ;)

    ReplyDelete
  6. ADLTB nya ini sedang proses kok Rohmayanti..sabar ya..pasti akan tetap aku lanjutkan.

    Dita kali ini aku mau lanjutin drama Ad Genius Lee Tae Baek yang terputus kemarin..
    Bagus kok..
    Hehe..

    Terima kasih ya semua..^^

    ReplyDelete
  7. Udah tamat ya..:( Sayang..Coba diterusin pasti jadi lebih bagus lagi dramanya..

    ReplyDelete
  8. mksh byk yaa mba bwt sinopsis schoolnya....:)
    Sedih krn nie drama hrs selesai....
    Semangat mba bwt sinopsis2 drama brktnya...^^

    ReplyDelete
  9. akhirnya selesai juga...
    thanks ya mbak udah bikin sinopsisnya sampai akhir.
    uhh...sayang nasibnya jung hoo gag diketahui, padahal berharap banget dia kembali dan bisa masuk militer seperti mimpinya

    ReplyDelete
  10. Padasaat melihat judulnya sebenarnya aku tdk terlalu tertarik untuk membaca sinopsis maupun menontonnya. Setelah aku membaca sinopsis episode 1 membuatku ketagihan. Alur cerita yg sangat menarik ditambah si penulis sinopsis yg menulis dgn rinci dan penuh penghayatan membuatku ingin dan ingin terus membaca. Tq mbak penulis. Sukses selalu

    ReplyDelete
  11. Hadewh..baca komentar diatas aku kok jadi terharu yah..
    makasih untuk pujiannya. Aku merasa masih belum terlalu pintar membuat sinopsis, ini aja masih acak-acakan, aku bahkan terlalu suka menaruh banyak gambar. Hehe
    Sekali lagi terima kasih untuk pujiannya, dan semoga enjoy membaca sinop dari blogku ini ya,,

    Maaf kalau tidak memuaskan..^^
    Sukses selalu juga untuk kalian smeua..^^

    ReplyDelete
  12. Yaaahhh akhir nya tamat juga,mksh y mbak sinopsis nya....
    Aku brharap drama ny brlnjut smpai mereka kulyah n mencapai cita2 mereka ...:)

    ReplyDelete
  13. Sinopsis nya nolong aku bgt,,
    krna aku pny film ny,tp ending ny gk ad translate,jd aku bisa ngrti dehh..
    mksh ya..
    ku jg anak SMA, msa SMA mmg mmbahagiakan
    skaligus penuh gejolak
    hehe:)

    ReplyDelete
  14. Hay, salam kenal. :)
    Wah,,, akhirnya saya bisa selesai membacanya dari sinop eps1-16 ini.
    Hehe,,, maaf klo baru komen di sinop part 3 eps terakhir ini.
    Terima kasih yeah.... saya senang baca sinop yg di buat mbak, saya juga senang karna gambarnya banyak jd serasa nonton langsung. :)
    Semangat terus yeah untuk buat sinop drama2 yg lainnya.

    Tasya

    ReplyDelete
  15. Hi.. saya Haftiani admin di FP Kumpulan Sinopsis K-Drama, boleh izin co-pas gk ?? Nanti di masukin link sama cr-nya jg kok ?? Tapi kalo gk boleh jg gk pp ^_^

    ReplyDelete
  16. Makasih ya sinopsis nya :) mengharukan...

    ReplyDelete
  17. pengennya kalau ad school 6 selanjutnyaa... :)

    ReplyDelete
  18. Wah terima kasih udah capek2 bikin synopsisnya ya.. cara penyampaiannya ngena walau ada typo sedikit2, terus semangat ya buat synopsis lain~!
    Ceritanya benar2 mengharukan sekaligus bikin ngiri ya, mereka punya persahabatan tulus yang ngga semua orang bisa miliki :')
    Pokoknya terus berkarya ya, semangat! :)

    ReplyDelete
  19. aduuhh,, seakan g rela ini akan berakhir,,, pingin liat Nam Soon dan Heung Soo lg,,, iri bgt aq ma persahabatan mereka,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh typo lg,,, trus nasib Jung Hoo gimana ya?.. pa g naik ke kelas 3?

      Delete
  20. makasi banyaaak buat sinopsisnya. kalo ngga ada ini mungkin saya bisa ga tidur 2 hari 2 malem saking penasaran sama ceritanya .

    ReplyDelete
  21. yakin deh,,, ceritanya bagus bgt,,,
    sampai akhir pun masih terharu,,,
    ga' nyangka si jung hoo yang bikin ulah ternyata penyayang dengan ayahnya yg sering memukulinya,,
    terharu,,,,,,

    ReplyDelete
  22. Drama baru yg inspiratif,tampa ada cerita cinta ddlamnya
    tanks sinop.x

    ReplyDelete
  23. terimakasih .. suka atas sinopnya

    ReplyDelete
  24. nangis curambai-curambai deh episode terakhir ini...TT-TT
    jung hoo g nyangka bakal kaya gini.
    aku yang masi calon guru ini jadi kebuka gara2 ntn ini, kalo semua yang siswa lakukan itu pasti ada alasan dibaliknya. dan seorang guru bukan hanya mengajar, tapi juga harus mendidik...moga bisa menjadi guru yang terbaik...bisa kaya guru in jae dan se chan. hwating ^^
    makasih ya sinopnya...==Ammy==

    ReplyDelete
  25. hii, saya belum nonton nih..penasaran sama film ini.. bagus bgt yaa?thanx ya sinopsisnya jd tambah penasaran

    ReplyDelete
  26. sediiiiih.....knp drama ini harus berakhir sedih.....???menggantung tanpa akhir bahagia buat jung hoo...padahal semuanya berakhir bahagia, tapi knp jung hoo g???tp salut buat semua peran dalam drama ini....salut juga buat yg nulis sinopsis....terima kasih karena udah bersusah payah,berjuang menulis sinopsis drama ini yang akhirnya rampung juga di tulis dan rampung juga ku baca....

    ReplyDelete
  27. kisah ini menceritakan tentang persahabatan yang sudah berpisah dan di pertemukan kembali dengan kehidupan yang suram...tapi mereka bisa bersama kembali dan tak ada saling balas dendam..melainkan sali menyayangi...iulah arti persahabatan yang sesungguhnya...semoga ada lagi school 2013 season 2...

    ReplyDelete
  28. Waaah kak daebak...
    Waaaah qu kdi love bgt ma drama in. Cuz drama ini ga ad ksah cinta ke lain jenis..
    Cma ad pershabatan!!! Keren bgt..
    Wah gra2 drama ini jga aku memasukkan Kim Woo Bin jdi aktor favoritq stelah Song Joong Ki.
    Kim Woo Bin HWITING....!!!!!!

    ReplyDelete
  29. seandainya ada kelanjutannya sepertinya seruuuu, tapi pasti tidak sesuai dengan amanat yang dibawa drama ini........ pastinya bakalan kangen sama Lee Jong Suk and Kim Woo Bin mereka itu emang cocok bgt jadi sahabat karib. seperti di genlteman's digniti. drama apa lagi ya yang mereka main bareng lagi??????? suka bangeeeeeeeettttttt

    ReplyDelete
  30. ini drama ceritanya bagus pake banget... bener2 pure cerita kehidupan anak2 sekolah... cerita tentang persahabatan,tentang persaingan & kasih sayang guru ke muridnya ^^
    tp sebenarnya masih bingung aja tentang hubungan Go Nam Soon & Song Ha Kyung??? sebenrnya mereka itu saling suka atau apa soalnya didrama ini gak begitu dijelaskan....
    hope,,ada kelanjutan ini drama^^

    ReplyDelete
  31. Walau udah nnton n baca lagi,n lagi ini bru koment,cos baru sadar klo yang jdi heong so,main jdi young do di the heirs,bgus2 y pmain school 2013, nam soon jga sukses jdi park so ha di ihyv....tapi,sygna drama school 2013 gantung bgt,n msa jung hoo g tamat skolah????g ad season 2nya y?({})♡̷̬̩̃̊˚˚♥♍άKα§îîîîîĦ♥˚˚♡̷̬̩̃̊({}). Ayu snopsinya....

    ReplyDelete
  32. thx sinopx... bru nemu skrg. trtrik bca sinopx school gra2 hbs nnton the heirs trus kepincut kim woo bin ^^. trxta dramax daebak (y). slam knal... sorry klw tlat komen ^^

    ReplyDelete
  33. Sebagai silent reader yg baru komen nih eon wkwk. Terimakasih banyak udah menuntaskan sinopsisnya...
    Aku agak ga tertarik loh nonton drama ini sama tmn ep 1 doanh tapi wkwk. Eh pas nyoba baca sinopsis ini.....aduh nagih banget ;;;; pengahayatannha liar biasa. Dan aku suka klo eonnie udh komen pake tanda kurung hahhaha kocak aja eon.. dan aku ketawa2 ngeliatnya beragam kan xD keren dehhh...
    Drama ini bener2 menginspirasi banget dan amanat yg disampaikan tentang sekolah, seberapa besar jasa guru dan pertemanan.. keren deh ah pokoknya. Apalagi penulis sinopsisnha nih ;p wkwk

    ReplyDelete
  34. Makasih ya....suka banget aq baca sinopsis disini....ikut hanyut ma ceritanya apalagi di tunjang gambar2 nya...dan tuntas klo cerita sampai episode tamat....keren...top bgt...makasih buat penulis2 nya....

    ReplyDelete
  35. Ikut meler terus eonny...q nr dload filmnya smp ep.12...krn kuota habis bc sinopsinya..bs trwakili...hamsahamida

    ReplyDelete
  36. waaahh makasuihh y sinopsisnya yang episode terakhir.....filmmnya bgus bnget..tp sayang critanya kok dikit gntung yyy...ehhhhmmm coba klo pnya alamat twiter penulisnya..mngkn bsa rekom in klanjutanya...soalnyya masih penasaran aja walau crtanya uda abis^_^

    ReplyDelete

Terimakasih untuk yang mau berkunjung dan memberikan
komentar di blogku ini ya,
walau aku jarang membalas tapi aku membaca semua komentar kok,
dan sangat senang.^^