Saturday 28 July 2012

Tips Mengendalikan Emosi

Meluapkan
amarah merupakan hal wajar. Namun terkadang, emosi yang terlalu meluap buat kamu jadi dak tterkendali. Apalagi sekarang Bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah ini bisa dijadikan momen untuk berlatih mengendalikan emosi.
Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psychology, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga tidak bisa mengontrol diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya amarah mereda?

Penelitian sebelumnya menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat kamu marah bisa membantu redakan rasa emosi yang meluap, seperti kemarahan atau kesedihan yang sedang dirasakan.
Akan tetapi, tidak dapat dijelaskan secara pasti apakah teknik menjaga jarak benar-benar menghilangkan rasa marah atau hanya menghilangkannya untuk sesaat?Tim penelitian menemukan bahwa peserta yang mengikuti penelitian dengan menjaga jarak dari 'gangguan', lebih bisa mengendalikan emosi sehingga tidak ada keinginanan untuk 'menyerang' orang lain.
Bagi Kamu yang memiliki kesulitan untuk mengatur emosi, Ada tiga tips nih yang bisa dicoba..

1. Kembali melihat situasi Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba kembali melihat situasi yang membuat kamu marah. Pikirkan apa penyebabnya. Pikirkan mengapa kamu bisa marah, dan pentingkah hal tersebut, atau hanya benar-benar emosimu sesaat saja.
. 2. Analisis Masalahnya Tanyakan kepada diri sendiri mengapa kamu bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, kamu bisa memiliki kemampuan untuk mengontrol amarah yang meledak.
3. Menyelesaikan Masalah Bagi sebagian orang, menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun, hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. Itu dikarenakan kamu selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang telah membuat kamu sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan . Oleh karena itu, sebaiknya kembali 'menoleh kebelakang' agar mengetahui masalah, cari inti dari permasalahan tersebut, dan segera menyelesaikannya. Langkah ini akan membuat perasaan lepas dari emosi berlebihan.

Oke guys..gimana..?
Semoga bisa dicoba dan berhasil ya. Apalagi sekarang puasa, kamu harus bisa menahan hawa nafsu dari godaan syetan yang terkutuk, yang membisikkan untuk emosi kepadamu..^^



gambar diambil dari google.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk yang mau berkunjung dan memberikan
komentar di blogku ini ya,
walau aku jarang membalas tapi aku membaca semua komentar kok,
dan sangat senang.^^